Tutup FSQ ke II, Pj Bupati Kapuas Dukung Peningkatan Prestasi Seni Qasidah

  • Bagikan
Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi saat menyerahkan piala bergilir kepada juara umum Kecamatan Selat pada kegiatan FSQ ke II Tahun 2024, pada Sabtu (22/6/2024) malam. (Foto : Rahmad Ari)

Kuala Kapuas – Festival Seni Qasidah (FSQ) Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024 resmi ditutup oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, pada Sabtu (22/6/2024) malam.

Puncak kegiatan yang digelar Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas itu ditandai penyerahan piala kepada para juara lomba yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Diharapkan ukiran prestasi para juara seni qasidah ini tak hanya di Kabupaten Kapuas, namun dapat berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi yakni ke tingkat Provinsi, bahkan hingga ke tingkat Nasional.

Pj Bupati Kapuas menegaskan bahwa Pemerintah Daerah akan terus mendukung bakat dan kreatifitas seni pemuda-pemudi Islam, untuk bisa menjadi juara di tingkat yang lebih tinggi.

“Pada festival ini, telah lahir para juara seni qasidah yang nantinya akan mengharumkan nama Kabupaten Kapuas di tingkat provinsi hingga nasional, tentunya pemerintah daerah akan terus mendukung itu,” kata Erlin Hardi saat diwawancarai awak media usai kegiatan.

Dijelaskannya, Lasqi Kapuas telah banyak menorehkan prestasi. Ia berharap untuk ke depan, prestasi-prestasi tersebut dapat terus ditingkatkan.

Seperti disampaikan Ketua Umum Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Kapuas, H Suwarno Muriyat, kepada awak media.

Seni qasidah di Kabupaten Kapuas memiliki sejumlah prestasi di tingkat Provinsi. Bahkan, lanjutnya, ada yang juara di tingkat nasional yaitu Kamaludin Abdi juara satu Bintang Vokalis Remaja di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2022, dan Nikmah Wardani, yang berhasil meraih juara satu Bintang Vokalis Dewasa di Kota Tanggerang Provinsi Banten pada tahun 2023.

“Rebana Klasik Kabupaten Kapuas juga mendapatkan Juara di Tingkat Nasional,” ungkap Suwarno.

Ia juga menjelaskan, peserta yang menjadi juara pada FSQ ke II Tahun 2024 ini akan dipersiapkan untuk mengikuti FSQ Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang rencananya akan digelar pada Bulan Agustus 2024 mendatang di Kota Palangka Raya.

Baca Juga  Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar Pimpin Rakoor GNRM

Sementara itu, dalam laporannya ketua umum Panitia Festival Seni Qasidah ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024, Agustina Erlin Hardi menyampaikan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk memperkuat syiar Islam di Kabupaten Kapuas dalam mendorong pengembangan seni qasidah secara merata serta memotivasi generasi muda mencintai seni budaya bernuansa Islami dan memajukan seni qasidah di Kecamatan masin-masing.

Jumlah peserta kegiatan festival mencapai 347 peserta dengan beberapa cabang yang dilombakan diantaranya Bintang Vokalis Qasidah Gambus, Bintang Vokalis Pop Religi, Penabuh Rebana Seni Qasidah, dan Rebana Qasidah Klasik.

Adapun yang menjadi juara umum FSQ Ke II Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2024 adalah Kecamatan Selat.

Tampak hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di lapangan Bukit Ngalangkang Kuala Kapuas unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Kapuas, sejumlah kepala OPD, tokoh agama dan undangan lainnya.

(Rahmad Ari)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *