KMHDI Kalteng Berharap Bupati Katingan Prioritaskan Infrastruktur Disisa Jabatannya

  • Bagikan

Bacakabar.id – Palangka Raya, Musibah kecelakaan yang terjadi di Kabupaten Katingan, Kamis (17/3) yang melibatkan mobil sekretaris dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan dengan Kendaraan Angkutan Kayu milik perusahaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) menjadi sorotan salah satu pemuda dari Katingan Hulu.

Candra Wardana, melalui media ini Sabtu (19/3/2022) menyayangkan kejadian ini terjadi kembali. Menurutnya ini bukan yang kali pertamanya terjadi di jalan perusahaan yang terakses dari Tumbang Manggu ke Tumbang Hiran dan Tumbang Baraoi yang sudah sering menelan korban.

Candra mengungkapkan bahwa hari ini akses yang dapat dilalui oleh masyarakat katingan bagian hulu hanya mengandalkan jalan perusahan itu, karena jalan negara yang di buka oleh pemerintah tidak pernah di perhatikan untuk kelanjutan pembangunannya.

Banyak jembatan kayu yang terputus akibat banjir yang melanda hampir setiap tahun, lebih lagi ditambah jalanya masih setengah pengerasan, sehingga semua akses transportasi baik taksi mobil dan angkutan barang hanya menggunakan akses jalan perusahan yang tentunya mengunakan jalur kiri-kanan.

“Oleh karena itu masyarakat Kabupaten Katingan tentunya menaruh harapan besar untuk pembangunan daerah selama masa kepemimpian Sakaryas dan Sunardi Litang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Katingan yang resmi dilantik pada 24 September 2018 tahun lalu untuk memperbaiki itu, tapi sampai habis masa jabatannya belum terlihat progresnya.” Ujarnya.

Pemuda asal Katingan Hulu ini yang juga merupakan Ketua Pimpinan Daerah Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Provinsi Kalimantan tengah , berharap besar pada masa kemimpinan Sakaryas dan Sunardi mampu memberikan terobosan baru dalam segi infrastruktur yang masih terisolir di bagian hulu.

Ini PR yang harus diselesaikan, karena Infrastruktur akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di katingan juga, imbuhnya.

Baca Juga  Dirlantas Polda Kalteng Tegaskan, Pengendara Motor Pakai Sandal Jepit Tidak Ditilang

“Masyarakat hanya butuh akses jalan yang baik sebagai penunjang ekonominya, terutama Jalan dan Listrik serta Jaringan telkomunikasi, karena kita tidak boleh menutup mata terkait perkembangan zaman, semoga kejadian ini dapat menjadi perhatian serius Pemerintah kabupaten Katingan untuk meneruskan infrastruktur jalan yang sudah ada,” Tutupnya.

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *