HUT Ke- 48 Korem 102/PJG Tanam 1.000 Bibit Pohon di Kereng Bangkirai

  • Bagikan

Suasana penanaman bibit pohon di Jalan Panenga Induk, Kelurahan Kereng Bangkirai -Foto A. Prianto R

Bacakabar.id – Palangka Raya, Koramil 1016-01, bersama dengan Kelurahan Kereng Bangkirai, bersama masyarakat sekitar menggelar kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan di Jalan Panenga Induk, Palangka Raya, Selasa (15/3/2022).

Komandan Koramil (Danramil) 1016-01 Pahandut, Mayor Inf Rudiyanto saat diwawancarai oleh para awak media mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan “Tanam Bibit Sejuta Pohon dalam Rangka HUT Ke – 48 Korem 102/PJG Tahun 2022”.

“Dalam kegiatan ini ada sekitar 60 personel yang diturunkan, serta ada sekitar 50 orang dari masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ucap Rudiyanto.

Dia menambahkan bahwa ada sekitar 1.000 bibit yang dialokasikan diantaranya bibit durian, cempedak serta jambu kristal. Pihaknya berharap agar kegiatan yang dilaksanakan tersebut dapat memberi manfaat bagi kelestarian alam.

Sementara itu Lurah Kereng Bangkirai, Fitriyaturrahman saat diwawancarai mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut, karena tentu akan dirasakan manfaatnya pada masa yang akan datang.

“Selain untuk kelestarian lingkungan, juga akan membuat lingkungan asri dan teduh serta membawa manfaat. Kita harapkan juga dimasa yang akan datang ini akan meningkatkan nilai ekonomis bagi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu untuk wilayah khususnya di Jalan Panenga Induk, pihaknya berharap akan menjadi sebagai salah satu tempat alternatif bagi masyarakat yang ingin berolahraga. Karena tempat tersebut bisa digunakan sebagai joging track dan bersepeda.

Adapun dengan lokasi tersebut yang masih asri dan terasa nuansa alamnya, dia menilai bahwa bisa dijadikan tempat untuk alternatif car free day (CFD) bagi masyarakat, sehingga wilayah Kereng Bangkirai akan semakin mantap sebagai kawasan wisata terpadu.

Baca Juga  Maknai Bulan Ramadhan, Yayasan Hasanka Gelar Buka Puasa Bersama

“Jadi salah satu upaya yang kita lakukan adalah pada kegiatan hari ini, jadi kita berterima kasih kepada TNI, dalam hal ini Korem, Kodim dan Koramil serta semua pihak yang berpartisipasi,” ucapnya.

Selain itu, kedepannya sebagai kawasan penyangga, Kelurahan Kereng Bangkirai diharapkan seimbang dengan Taman Nasional (TN) Sebangau, yang artinya masyarakat tidak hanya memprioritaskan TN tersebut namun juga lingkungannya masing-masing. (APRI)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *