Berkah Ramadan, Petani dan Pedagang Semangka di Jabiren Raya, Kebanjiran Pembeli

  • Bagikan

Bacakabar.idPULANG PISAU, Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi petani dan pedagang buah semangka di Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). Meningkatnya kebutuhan konsumsi buah masyarakat dibulan suci ini, membuat sejumlah petani kebanjiran orderan.

Ketua Kelompok Tani semangka Desa Henda, Irwanto mengatakan hasil panen buah semangka tahun ini sangat bagus jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal tersebut terbukti dalam satu hektar lahan dapat menghasilkan buah semangka antara 15 hingga 20 ton.

“Alhamdulillah, panen buah semangka tahun ini melebihi dibandingkan tahun sebelumnya. Ini kami rasa berkah bulan puasa, hingga banyak warga yang membeli jualan kami,” ucapnya.

Untuk penjualannya sendiri, kata Irwanto, selain kepada warga setempat juga di jual pada lapak-lapak sepanjang Jalan Trans Kalimantan Desa Henda, juga ke para pedagang dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Pontianak Kalimantan Barat, Palangka Raya, Sampit dan Pangkalanbun.

“Karena banyaknya permintaan ini, kita bahkan sampai kekurangan stok semangka. Teknis penjualannya dengan harga borongan, untuk ukuran kecil kita jual Rp 3 ribu, ukuran sedang Rp 5 ribu dan ukuran besar Rp 7 ribu,” bebernya. (RD)

Baca Juga  Pemkab Pulang Pisau Gelar RFDP ke 2 di Tahun 2024
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *