Hasil Panen Buah Semangka Memuaskan, Harga Pupuk Meroket

  • Bagikan

Bacakabar.idPULANG PISAU, Keberkahan bulan ramadhan juga menjadi berkah tersendiri bagi para petani dan pedagang semangka di wilayah Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Pasalnya dibulan ini banyak permintaan konsumen. Namun dibalik itu cost petani meningkat akibat keniakan harga pupuk.

Hal itu disampaikan Irwanto, ketua kelompok tani Semangka Desa Henda, kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau kepada awak media ini Sabtu, (9/4/2022) yang menyampaikan kendala petani saat ini.

“Mahalnya harga pupuk sekarang, seperti pupuk jenis Mutiara mencapai Rp 495 ribu persak. Padahal, sebelumnya hanya Rp 300 saja persak nya,” ucap Irwanto.

Atas lonjakan harga pupuk ini. Ia pun berharap kepada pemerintah agar dapat mensubsidi nya.

“Kami pun berharap kepada pemerintah, agar harga pupuk bisa disubsidi kembali,” pintanya.

Secara terpisah, Kepala BPP Kecamatan Jabiren Raya, Mambang SP mengatakan bahwa semangka merupakan komoditas utama yang dihasilkan dari salah satu desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dengan luasan lahan 110 hektar.

Meski tahun ini hasilnya cukup memuaskan bagi para petani dan pedagang. Mambang menjelaskan kendala yang dihadapi para petani saat proses budidaya tanaman semangka banyaknya hama penyakit, terutama jamur.

Kendati begitu, pihak BPP Kecamatan Jabiren Raya terus memberikan pendampingan dilapangkan kepada para petani untuk bersama-sama mengatasi hama jamur tersebut sehingga tidak sampai meluas.

“Kita selalu memberikan pendampingan dan dukungan kepada para petani buah semangka di Desa Henda ini, agar lebih bersemangat sehingga hasil panennya terus meningkat untuk kemajuan dan perekonomian masyarakat,” tukasnya. (RD)

Baca Juga  Wakapolres Pulang Pisau Secara Simbolis Serahkan Daging Kurban
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *