Aksi Datun Kejati Kalteng Menyita Perhatian Warga Palangka Raya

  • Bagikan

Bacakabar.id – Palangka Raya, Meskipun hari libur tidak menyurutkan semangat bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Kalteng khususnya Kota Palangka Raya memberikan pelayanan hukum/konsultasi hukum gratis kepada seluruh masyarakat yang hadir di kegiatan car free day (CFD) di bawah koordinasi Pemprov Kalteng.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Iman Wijaya SH. MHum. melalui Asisten Datun Kejati Kalteng Edi Irsan Kurniawan SH, MH, mengatakan, bahwa kegiatan pelayanan hukum berupa membuka konsultasi hukum gratis kepada masyarakat merupakan program yang menjadi tupoksi bidang datun dengan harapan masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan penegak hukum menanyakan persoalan yang dihadapi atau informasi yang dibutuhkan di bidang hukum.

Dirinya berharap dengan kegiatan turun langsung ke tengah masyarakat ini dapat secara pelan pelan menghilangkan kesan kejaksaan sebagai lembaga yang ditakuti.

“Setiap orang yang berurusan dengan kejaksaan adalah yang terkait urusan kriminal termasuk korupsi padahal ada sisi preventif dan humanis kejaksaan yaitu bidang Datun yang selalu terbuka menerima masyarakat yang ingin berkonsultasi,” Ujar Edi Irsan.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah, Dr. Siswanto SH, MH selaku , semoga ke depan Kejaksaan semakin hari “dapat membumi” di tengah masyarakat.

Dia menegaskan, sejatinya Kejaksaan itu adalah abdi negara sekaligus pelayan segala lapisan masyarakat di samping ada tugas represif terkait penegakan hukum bidang kriminal atau korupsi karena itu tidak perlu sungkan sungkan untuk berkonsultasi dengan bidang Datun Kejaksaan di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan di jamin aman.

Puluhan masyarakat yang bergantian hadir sejak jam 06.00-09.00 wib. Untuk konsultasi kepada Tim Pelayanan Hukum Datun Kejati Kalteng pada kegiatan yang dilaksanakan Minggu, (27/3/2022) tepatnya sekitar parkiran depan TVRI atau seberang Kantor Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Kalimantan Tengah Jalan Yos Sudarso ini berasal dari berbagai latar belakang masyarakat baik pedagang, petani, pegawai pemerintahan atau swasta, Mahasiswa dan Pelajar.

Baca Juga  Jual Obat Farmasi tanpa Izin Warga Tanjung Seloka Berurusan Dengan Polisi

Dengan masalah bervariasi seperti pertanahan, warisan, pembagian harta gono gini, terhindar dari resiko dalam pekerjaan, bermedia sosial dengan aman untuk kaum milenial, bahaya narkoba, kenakalan remaja dan lainnya.

Yulianti salah satu Mahasiswa yang aktif di organisasi intra maupun ekstra kampus salah satu perguruan tinggi di Kota Palangka Raya sangat senang dengan kegiatan ini apalagi mendengar kejaksaan bisa diundang hadir secara gratis di kalangan Mahasiswa dan generasi millennial sehingga bisa mengantisipasi aktifitas anak millennial khususnya bermedsos yang dapat berujung kepada kriminal yang merugikan masyarakat dan mahasiswa itu sendiri.

“Datun kejati Kalteng memang keren” kata mahasiswa berkaca mata ini mengakhiri komentarnya sambil menikmati cemilan dan minuman yang disediakan.

Penulis : Yohanes Eka Irawanto, SE

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Copas Ya... 🤦‍♀️