Tingkatkan PAD Tanah Bumbu Melalui Metrologi Legal

  • Bagikan

BATULICIN, bacakabar.id – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Tanah Bimbu (DKUMP2) H. Deny Haryanto melakukan kunjungan kerja ke Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan di Bandung, Jawa Barat.

Didampingi Staf Khusus Bupati Bidang Perdagangan dan Kabid Perdagangan dan Metrologi, serta Pengawas Tera.

“Dalam kegiatan ini kami diterima dengan sangat baik oleh Direktur Metrologi, Matheus Hendro Purnomo di ruang kerja beliau” kata H. Deny kepada media, Rabu (26/1/2022).

Kunjungan tersebut membawa usulan permohonan Pembangunan Instalasi Tangki Ukur Mobil (TUM) dari dana DAK, yang apabila ini terbangun akan menambah potensi PAD bagi kabupaten Tanah Bumbu yang bersumber dari Tera/Tera Ulang tangki mobil pengangkut BBM yang banyak dimiliki oleh perusahaan besar di Tanah Bumbu.

Selain itu, sebut H. Deny, pihaknya juga membawa beberapa peralatan standar pengujian untuk alat Ukur, Takar, Timbang dan Peralatannya (UTTP) yang harus dikalibrasi di Bandung. Serta mengambil Cap Tanda Tera (CTT) untuk dipergunakan oleh Petugas Tera Berhak dalam melakukan tera/tera ulang sah selama tahun 2022.

“Kami dari Dinas KUMP2 berusaha semaksimal mungkin menjadikan Tanah Bumbu sebagai Daerah Tertib Ukur dimana transaksi terjadi degan halal sesuai slogan Tanah Bumbu Menuju Serambi Medinah,” pungkas H. Deny.

Sementara itu, dalam penjelasannya Direktorat Metrologi mengatakan untuk perusahaan yang mengajukan Tera/Tera Ulang Timbangan Jembatan maka mereka diwajibkan melampirkan sertifikat Bidur (anak timbangan, red) yang telah dikalibrasi oleh Balai Standardisasi Metrologi Legal (BSML) Regional III Kalimantan pada tahun berjalan.

Sedangkan untuk Timbangan Emas dan Timbangan lain yang digunakan oleh para pedagang, wajib ditera/tera ulang setiap tahun karena apabila terjadi ketidaksesuaian timbangan akan sangat merugikan bagi publik yang bertransaksi, baik dari segi aturan negara maupun aturan agama. (Rel)

Baca Juga  Pejabat Bupati Pulang Pisau Pantau Pesta Demokrasi 2024
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *