Ditengah Keterbatasan, Wali Kota Banjarmasin Resmikan Madrasah Diniyah Al-Qaulul Haq

  • Bagikan

Bacakabar.id – Banjarmasin, Madrasah Diniyah (Madin) Al-Qaulul Haq bukanlah seperti lembaga pendidikan nonformal lainnya, yang memiliki sarana dan fasilitas belajar mengajar yang lengkap.

Madin yang beralamat di Jalan Pramuka atau tepatnya di Jalan Melati Indah (Simpang Limau) RT10 Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur ini, melakukan proses pembelajaran menumpang di Masjid Jami Al-Qaulul Haq. Dengan memanfaatkan teras dan selasar masjid.

Namun jangan salah kira, meski begitu animo masyarakat untuk mempercayakan pendidikan agama anaknya di Madin Al-Qaulul Haq sangat luar biasa. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah santrinya yang terus bertambah hingga melebihi target.

Setelah sekitar 9 bulan berjalan, akhirnya pada Sabtu, (12/3/2022) sore dilangsungkan peresmian. Peresmian Madin Al-Qaulul Haq, dihadiri Walikota Banjarmasin, H. Ibnu Sina dan Ketua PCNU Kota Banjarmasin, Habib Ali Khaidir Al – Kaff, Camat Banjarmasin Timur Dra Hj Rusdiana, MAP. serta Lurah Sei. Lulut H Suryani Syahril, SKM, MM.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina langsung meresmikan Madrasah Diniyah  Al-Qaulul Haq
Hadir pula Pimpinan dan Pengasuh Ponpes Al Amien Prenduan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, DR KH Ahmad Fauzi Tidjani, yang sekaligus melakukan safari dakwah bersama alumni dan wali santri.

Wali Kota Ibnu Sina sangat mengapresiasi hadirnya Madin Al-Qaulul Haq di tengah-tengah masyarakat, dalam upaya membekali anak-anak dengan ilmu agama.

“Hari ini kita meresmikan madrasah diniyah, kalau dahulu sering disebut orang sekolah Arab. Madrasah diniyah seperti ini sudah mulai sulit ditemukan, tapi Alhamdulillah hari ini kita bisa resmikan Al-Qaulul Haq,” ungkap Ibnu Sina.

Menurut pria yang akrab disapa Ibnu ini, saat ini jarang-jarang ada madrasah diniyah. Meski berada di pinggiran kota, ia berharap Madin Al-Qaulul Haq terus berkembang ke depannya, bersama dedikasi para pengasuhnya yang luar biasa.

Baca Juga  Kenang Jasa Para Pahlawan, Lanal Banjarmasin Ziarah di TMP Bumi Kencana Sambut HUT TNI AL Ke-77

“Pak Kyai Ahmad Fauzi juga berkenan hadir dan meresmikan bersama-sama. Mudah-mudahan menjadi do’a bersama agar Madrasah Diniyah ini berhasil dan sukses melahirkan anak-anak didik kita, yang tak hanya menguasai pengetahuan umum, tapi juga pengetahuan agama,” ujar Ibnu

“Terimakasih juga kepada Ibu Aisyah yang sudah mewakafkan tanahnya untuk dibangun madrasah diniyah ini. Semoga dari sini akan lahir generasi qurani yang benar-benar bisa meneruskan cahaya Islam,” imbuhnya. (Faisal)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahuan... mau copas,, ijin dlu gaess 🤦‍♀️