Bupati Batola Bersyukur, Paripurna Harjad Ke-62 Dirangkai Berbagai Penyerahan

  • Bagikan

MARABAHAN, bacakabar.id – Kabupaten Barito Kuala (Batola) tepat pada Selasa, 4 Januari 2022 genap berusia 62 tahun.

Sehari menjelang puncak hari jadi DPRD Batola menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati Harjad ke-62 Batola yang bertema “Simpun Gawi 2022” Senin, (3/1/2021).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Saleh, dan Wakil Ketua Agung Purnomo serta Hj Arpah ini dihadiri Bupati Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, para anggota DPRD, Forkopimda, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, para pimpinan SKPD, para Camat, para Sekretaris SKPD, Kabag, para pimpinan organisasi wanita, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, perbankan, para alim ulama, guru agama, tokoh agama, para kades, pemuda, para ahli waris penuntut dan pendiri kabupaten, serta undangan.

Mengenakan pakain adat Banjar motif khas Batola berwarna kuning berpadu hijau para petinggi kabupaten beserta anggota dewan mengisi kegiatan rapat dengan sejumlah rangkaian di antaranya penandatanganan sejumlah prasasti seperti balai penyuluhan KB Kecamatan Jejangkit dan Mekarsari, Gedung Perawatan Dalam Alamanda dan Gedung Perawatan Kelas 1 dan 2 Teratai RSUD Abdul Aziz Marabahan, dan Gedung Puskesmas Kecamatan Barambai.

Acara juga dirangkai penyerahan tali asih kepada 17 ahli waris penuntut terbentuknya kabupaten, pemberian penghargaan kepada desa/kelurahan tercepat pelunasan PBB-P2 tahun 2021, pemberian penghargaan kepada kades/lurah yang inovatif dan memotivasi warga dalam penagihan dan pembayaran PBB-P2 tahun 2021, dan pemberian penghargaan kepada kecamatan yang lunas PBB-P2.

Selain itu, rapat juga diisi pemberian hadiah pengusaha hotel, restoran, dan sarang burung walet terbaik dalam pembayaran pajak, pemberian penghargaan kepada SKPD yang pengelolaan penerimaan retribusi terbaik, penyerahan sertipikat BMD dari Kepala BPN kepada bupati, pemberian penghargaan kepada qori trio golongan dewasa pada MTQ suara emas V tingkat Provinsi Kalsel, pemberian penghargaan kepada SKPD pengelola website terbaik, penyerahan DPA Tahun 2022 secara simbolis, penyerahan secara simbolis mobil prokes kepada Diskes Batola, hingga pemberian penghargaan pencapaian 70 persen vaksinasi dosis 1 bagi kecamatan dan desa.

Baca Juga  Pemkab Pulpis Gelar Festival Seni dan Budaya Handep Hapakat

Rapat paripurna kali ini bukan mengutamakan penjelasan dan pemandangan umum fraksi seperti biasa, namun beragenda utama mengenang sejarah lahirnya Kabupaten Berjuluk Bumi Ije Jela ini. Karenanya dalam rangkaian acaranya juga berisi pembacaan riwayat singkat Kabupaten Batola yang dibacakan Wakil Bupati H Rahmadian Noor.

Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengucapkan terima kasih kepada dewan yang menggelar Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi ke-62 Tahun 2022 Kabupaten Batola.

Dalam sambutannya, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini menyampaikan penjelasan terhadap capaian indikator makro pembangunan maupun beberapa capaiaan lainnya selama kurun waktu 4 tahun 2 bulan menjabat bersama Wakil Bupati H Rahmadian Noor.

Di antara capaian yang disampaikan, mulai pendapatan perkapita, indeks gini rasio, indeks reformasi birokrasi, indeks kepuasan masyarakat dan nilai SAKIP, hasil survey penilaian integritas (SPI), capaian ketersediaan infrastruktur perdesaan dan infrastruktur perkotaan, indeks pembangunan manusia, angka harapan lama sekolah, angka rata-rata lama sekolah, angka harapan hidup, dan tingkat kemiskinan yang semuanya mengalami perbaikan.

Dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi, sebut Noormiliyani, terus dilakukan pengembangan UMKM, optimalisasi sumber pendapatan daerah, pemanfaatan APBD secara tepat sasaran dan efisien di samping melaksanakan program nasional seperti pemberian subsidi bantuan sosial secara tunai.

Di kesempatan rapat paripurna ini, bupati perempuan pertama di Kalsel, ini juga menyampaikan program Kutabamara (program pembuatan jalan yang menghubungkan Kecamatan Kuripan, Tabukan, Bakumpai, dan Marabahan), program bedah kampung terintegrasi (BKT), Jejangkit Ecopark, Program Permata Bunda (Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil dan Anak Balita).

Ada yang menarik, di penghujung sambutannya, isteri anggota DPRD Provinsi Kalsel H Hasanuddin Murad, ini menyampaikan rasa syukurnya atas capaian 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis 1 di Kabupaten Batola.

Baca Juga  Kabar Baik! Pemerintah Tanah Bumbu Hadirkan MC Tanbu untuk Informasi Terkini

“Saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari Komandan Kodim 1005 Batola beserta jajaran, Kapolres beserta jajaran, para kepala dinas/badan, para camat, para kades, dan seluruh pihak yang terlibat,” ucapnya.

Ucapan terkhusus juga disampaikan kepada para dokter dan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam memerangi Covid-19.

“Dengan tercapainya 70 persen vaksinasi ini kita berharap herd immunity di Kabupaten Barito Kuala bisa terwujud,” harap Bupati. (Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Copas Ya... 🤦‍♀️