Minta Hujan Turun, Korem Antasari Gelar Sholat Istisqo

  • Bagikan
Suasana saat pelaksanaan Sholat Istisqo berjamaah di lapangan Apel Makorem 101/Antasari, Banjarmasin Selasa (5/9).

BANJARMASIN – Korem 101/Antasari menggelar Sholat Istisqo dalam rangka bermunajat kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk meminta turunnya hujan dalam rangka mengatasi Karhutla di Kalimantan Selatan, Sholat Istisqo dilaksanakan di Lapangan Apel Makorem 101/Antasari, Selasa (5/9/2023).

Pasalnya musim kemarau panjang yang melanda sebagian wilayah Indonesia termasuk Kalimantan Selatan telah menimbulkan berbagai dampak negatif bagi masyarakat, seperti dapat menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA, mengganggu transportasi, dan perekonomian serta kerusakan lingkungan.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto, S.E., M.I.P., dalam kesempatannya menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilaksanakan oleh Korem 101/antasari bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, BPBD dan instansi terkait lainnya untuk mencegah dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Selatan.

“Upaya yang telah kita dilaksanakan dengan membentuk Satgas Darat dan Satgas Udara dalam mengendalikan Karhutla untuk memadamkan titik api namun hasilnya masih belum optimal masih muncul titik api,” ucapnya.

Dalam mengatasi Karhutla ini, Korem juga telah melaksanakan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat, melaksanakan patroli gabungan, melaksanakan pemadaman melalui jalur darat dan water bombing serta hujan buatan.

Danrem juga menyampaikan, selain berusaha melakukan pemadaman secara maksimal, sebagai umat beragama juga berusaha dengan berdoa memohon minta hujan dengan menggelar Sholat Istisqo.

“Sebagai umat beragama, kita harus bermunajat dan memohon doa semoga di ijabah oleh Allah SWT dan diberi hujan sehingga dampak Karhutla ini tidak berkepanjangan,” ujarnya.

“Sholat Istisqo merupakan amaliyah yang sering dilaksanakan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat dengan memperbanyak istighfar kepada Allah SWT, memohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang terjadi selama ini yang sering kita lakukan,” Imbuh Danrem.

Baca Juga  Ibnu Sina Bantah Pernyataan Humas PDAM Bandarmasih "Tak Dapat Pernyataan Modal"

Turut hadir pelaksanaan Sholat Istisqo Kasrem 101/Antasari, KH. Ahmad Sufian Albanjari, Kasrem 101/Ant, para Kasi Korem 101/Antasari, para Dansat dan Kepala Balak Wilayah Banjarmasin. (dwan/ril)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *