Dewa Made : Ormas Wajib Menjadi Problem Solving di Tengah Masyarakat

  • Bagikan

Bacakabar.idSukamara, Kapolres Sukamara AKBP, Dewa Made Palguna menegaskan untuk organisasi Forum Pemuda Dayak atau disingkat
Fordayak Kabupaten Sukamara untuk turut serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Bumi Gawi Barinjam sebutan lain Kabupaten Sukamara.

Dewa menegaskan, berkaitan dengan Kamtibmas ini tentunya bukan hanya menjadi tanggungjawab dari pihak Kepolisian saja, namun masyarakat secara pribadi dan atau secara organisasi ke masyarakat juga wajib turut serta menjaga Kamtibmas.

Kapolres kembali membeberkan, bahwa Polri merupakan alat negara yang bertugas dalam bidang pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat, penegakkan hukum dan pelindung masyarakat.

Pelaksanaan tugas tersebut di atas bersifat pre-emtif dan preventif yang memiliki peranan sangat penting guna menciptakan situasi serta kondisi aman dan tertib.

Pada umumnya, munculnya gangguan Kamtibmas berawal dari Faktor Korelatif Kriminogen (FKK)/Potensi Gangguan Keamanan (PG) dan Police Hazard (PH)/Ambang Gangguan Keamanan (AG) yang tidak terantisipasi.

Dalam upaya mencegah gangguan Kamtibmas, hal terpenting adalah memahami PG yang merupakan embrio timbulnya AG. Apabila AG dibiarkan tanpa ditangani akan berubah menjadi Ancaman Faktual (AF)/Gangguan Nyata (GN). Upaya Kepolisian dalam penanganan PG dan AG tidak akan berhasil dengan baik tanpa adanya partisipasi dan kerjasama dengan masyarakat terutama ormas wajib menjadi problem solving di tengah masyarakat

“Hari ini Selasa (19/4/2022), saya kedatangan Pengurus Fordayak Kabupaten Sukamara dan hal di atas saya sampaikan, intinya menjaga Kamtibmas itu kerja bersama bukan hanya Kepolisian saja, Fordayak wajib turut serta menjaga Kamtibmas atau Fordayak dibentuk untuk menjadi problem solving ditengah persoalan masyarakat,” Pungkas Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna.

Pantauan awak media ini silahturahmi Pengurus Fordayak Kabupaten Sukamara disambut dengan hangat dan penuh keakraban langsung oleh Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna, di ruangan kerjanya.

Baca Juga  Bupati Sukamara Katakan Ini Saat Meresmikan Sanggar Seni dan Budaya

Penulis: Yohanes Eka Irawanto, SE

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahuan... mau copas,, ijin dlu gaess 🤦‍♀️