BPS Sukses Menyelesaikan Pelatihan PL-KUMKM 2023

  • Bagikan
Foto : istimewa (mc.tanbu)

Batulicin – Berdasarkan informasi di situs Media Center Tanah Bumbu, BPS Kabupaten Tanah Bumbu telah sukses menyelesaikan pelatihan petugas lapangan PL-KUMKM 2023 Gelombang I di Hotel Ebony Batulicin pada tanggal 4-5 September 2023. Pelatihan tersebut merupakan komponen penting dari Pendataan Lengkap Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (PL-KUMKM) 2023.

Pelatihan ini dibuka oleh Statistisi Madya BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Abdurrahman, pada tanggal 4 September 2023. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menciptakan petugas pengumpul data PL-KUMKM yang memiliki standar dan kualitas yang baik.

Gelombang I pelatihan diikuti oleh 79 peserta, sedangkan sisanya, sebanyak 179 peserta, akan dilatih pada Gelombang II dan III di Banjarmasin pada tanggal 7-11 September 2023.

Dengan melalui PL-KUMKM 2023 ini, semua koperasi dan usaha mikro kecil menengah di Tanah Bumbu akan didata dengan lengkap, sehingga data yang dihasilkan akan menjadi lengkap dan berkualitas, yang akan menjadi dasar untuk basis data tunggal KUMKM Indonesia.

Kepala BPS Tanah Bumbu, Ihsan Nulhakim, berharap bahwa petugas lapangan KUMKM yang dilatih akan diterima dengan baik oleh masyarakat dan pelaku usaha saat mereka melakukan pendataan.

“Harapannya petugas lapangan KUMKM nantinya dapat di terima oleh masyarakat dan pelaku usaha saat berkunjung melakukan pendataan,” pungkasnya.

PL-KUMKM 2023 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Tanah Bumbu mulai tanggal 15 September hingga 14 Oktober 2023. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemerintah dalam membuat keputusan terkait pemberdayaan koperasi dan UMKM di Tanah Bumbu, dengan harapan bahwa ini akan memberikan dampak positif bagi semua pelaku koperasi dan UMKM. (Hai/BPSTanbu)

Baca Juga  Satu Keluarga di Satui Terpaksa Tinggal Ditenda Terpal
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *