Bayar Pajak Tertinggi, PT. Indocement Plant Tarjun Diganjar Penghargaan

  • Bagikan
Sekda Kotabaru, H. Said Ahmad Assegaf (kanan) bersaman dengan Legal Department PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Ramson Hutabalian

KOTABARU – PT. Indocement Tunggal Prakarsa,Tbk Plant 12 Tarjun patut berbangga diri, sebab salah satu pembayar pajak tertinggi tahun 2022. Bahkan menjadi contoh terbaik bagi dunia usaha lainnya yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Penghargaan yang diterima oleh Indocement Tarjun selaku wajib pajak dengan pembayaran pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) tertinggi itu secara langsung ditandatangani oleh Bupati Kotabaru, H. Sayed Jafar SH dan diserahkan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kotabaru H Said Ahmad Assegaf.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melalui acara gebyar pekan panutan pajak bumi bangunan perkotaan dan pedesaan (PBB-P2) tahun 2023.
Bertempat di gedung Basket Indoor, jalan Veteran Kotabaru Jum’at, (1/9/2023) kemarin.

Penghargaan itu diterima oleh Legal Department, Ramson Hutabalian, perwakilan management PT. Indocement Tunggal Prakarsa.

Sekda Said Ahmad, mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan visi dan misi daerah dalam pembangunan di Kabupaten Kotabaru untuk mencapai kesejahteraan bersama, tentunya memerlukan dana yang tidak sedikit.

Dijelaskannya, dengan meningkatnya belanja pemerintah daerah untuk membiayai pembangunan di berbagai bidang dan sektor, baik pembangunan fisik maupun non fisik dari tahun ke tahun perlu di imbangi dengan peningkatan penerimaan keuangan daerah. Khususnya Pendapatan Asli Daerah (PAD), dimana salah satunya bersumber dari pendapatan pajak daerah.

Sekda mengakui untuk anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Kotabaru tahun 2023 masih tergantung kepada penerima yang diperoleh dari pemerintah pusat, dimana pendapatan daerah masih didominasi oleh dana perimbangan dari pemerintah pusat sebesar 80 persen dan pemerintah provinsi Kalimantan Selatan sebesar 10 persen.

Sebab kata dia, sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah harus terus dioptimalkan.

Baca Juga  Gizi Buruk, Bocah 7 Tahun Ini Sudah Sehat dan Gemuk Bantuan Dokkes Kapolres Kotabaru

Sementara, Kepala Bapenda Kotabaru H Ahmad Rivai menyampaikan, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan khususnya sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 35 tahun 2023 tentang ketentuan umum pajak daerah dan retribusi daerah menyebutkan pajak yang dipungut oleh kabupaten/kota terdiri dari 9 jenis pajak.

“Tentunya hal itu menjadi perhatian pemerintah dalam sektor pendapatan dari hasil pajak, sebagaimana aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Plant 12 Tarjun, Agus Fahri Rasad, yang diwakili Ramson Hutabalian mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi penghargaan yang diterima. Menurutnya, hal itu menjadi bukti atas komitmen Indocement dalam melaksanakan kewajiban atas pembayaran pajak MBLB berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Melalui penghargaan ini, pajak yang telah dibayarkan oleh perusahaan memberikan manfaat guna pembangunan dan kemajuan di Kabupaten Kotabaru khususnya, dan Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya,” katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, adapun pajak MBLB adalah pajak atas kegiatan pengambilan mineral dan batuan dari sumber alam di dalam dan/atau di permukaan bumi untuk dimanfaatkan.

“Sekali lagi kami sampaikan, ini merupakan komitmen Indocement Tarjun dalam memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Kotabaru,” tutupnya (Wan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *