Aneka Batik Etnik Meriahkan Festival ‘Nan Sarunai’ Tabalong

  • Bagikan
Kick Off festival Nan Sarunai Tabalong, Minggu (15/10/2023), di Duta Mall Banjarmasin.

Banjarmasin – Aneka batik etnik kreasi perajin asal ‘Bumi Saraba Kawa’ (Julukan dari Kabupaten Tabalong), turut memeriahkan Festival ‘Nan Sarunai’ yang di gelar Pemkab setempat, Minggu (15/10/2023), di Duta Mall Banjarmasin.

Kegiatan bertema Batik Tabalong Ethnic serta Pameran Produk UMKM asal Tabalong, di hadiri langsung oleh Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani serta pihak perusahaan Adaro Energy dan Forkopimda.

Anang Syakhfiani mengatakan, festival Nan Sarunai ini menjadi ikhtiar bersama untuk wujudkan Kabupaten Tabalong sebagai pintu gerbang atau serambi depan gerbang IKN.

“Festival Kick Off’ Nan Sarunai’ yang di selenggarakan ini adalah ajang kita mengenalkan budaya dan kreasi Tabalong sekaligus mewujudkan Tabalong sebagai pintu gerbang atau serambi depan IKN,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi dan bangga, kini batik Tabalong telah merambah pasar Nasional hingga Internasional.

Bupati mengungkapkan, batik Tabalong melengkapi khazanah kain sasirangan dengan berbagi motif yang bisa menjembatani budaya Banjar dan Dayak di Kabupaten Tabalong yang beberapa saat lagi pada Desember mendatang, akan ditinggalkannya karena masa jabatan sebagai Bupati akan berakhir.

Motif dasar Kreasi Batik Tabalong yang berupa gigi harus, Kelabang, serta Langsat Tanjung ini sebenarnya dilauncing sejak 2016, Festival Nan Sarunai yang didukung dana CSR PT Adaro Indonesia ini diharapkan bisa memajukan UMKM lokal khususnya perajin batik Kabupaten Tabalong.

Di tempat yang sama, Kepala Department Head CSR PT Adaro Indonesia Firmansyah, mengatakan UMKM yang mendukung festival Nan Sarunai juga UMKM binaan PT Adaro Indonesia dan mitra kerja bersama Pemerintah Kabupaten Tabalong.

“Ada sekitar 80 UMKM binaan Adaro mulai usaha makanan, minuman serta pengrajin batik Tabalong,” ungkap Firman.

Ia pun berharap Festival ini memajukan UMKM  batik Tabalong agar lebih maju dan dikenal di berbagai kalangan serta terus berkembang nanti.

Baca Juga  Bangun Karakter, Jati Diri, Kapolda Kalsel: Dengan Semangat Pengabdian Dilandasi Tribrata dan Catur Prasetya

Turut hadir Nurul Fajar Desira, Mewakili Gubernur Kalsel Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalsel, yang juga menyampaikan rasa bangga akan keindahan dan daya tarik batik Tabalong oleh Gubernur Kalsel Paman Birin.

“Batik Tabalong menambah corak kain khas sasirangan dan bukti peran Tabalong sebagai gerbang IKN dan itu patutlah kita berbangga,” tutupnya.

Festival Kick Off Nan Sarunai di mulai sejak Pukul 13.00 WITA dan berakhir hingga jam 21.00 WITA, berjalan dengan sukses dengan pagelaran Kids Fasion batik Tabalong dan Pesona Batik Tabalong juga dihibur oleh BigBoss band serta Pandaz. (@DW).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *