TNI-Polri Amankan Pilkades Serentak, Dandim: Jaga Netralitas

  • Bagikan
Personel TNI/Polri mengamankan jalannya Pilkades serentak di salah satu desa di wilayah Tanah Bumbu.

Tanah Bumbu – Personel TNI dari Kodim 1022/Tanah Bumbu bersama personel Polri bersinergi mengamankan jalannya pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang II yang digelar di 60 desa di 12 kecamatan Se Kabupaten Tanah Bumbu Sabtu, (23/9/2023).

Dandim 1022/Tnb, Letkol Inf Aldin Hadi, S.H.,M.Tr (Han) menerangkan, Babinsa dari Koramil jajaran melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengamanan Pilkades di wilayah binaannya masing-masing yang melaksanakan pemilihan.

“Bersama dengan Bhabinkamtibmas, Babinsa mendampingi pelaksanaan kegiatan dari awal, yakni sejak tahap pendistribusian logistik, pelaksanaan pemilihan hingga tahap penghitungan suara selesai,” ucap Dandim Aldin.

Hal tersebut, kata dia, dilakukan sebagai upaya menjamin kelancaran dan keamanan selama pelaksanaan kegiatan. Selama kegiatan Babinsa senantiasa memegang prinsip netralitas, dimana tidak memihak kepada salah satu
calon kontestan yang mengikuti pemilihan. Karena itu merupakan prinsip dasar yang harus diterapkan sebagai aparat komando kewilayahan dari Komando atas untuk menjaga netralitas TNI.

Sambung Dandim, Pilkades merupakan pesta demokrasi pada tingkat desa, oleh karenanya Pilihan Boleh Beda Tujuan Tetap Sama.

“Pilkades Damai! artinya, pemilihan kades harus tetap aman dan tertib masing-masing perorangan boleh beda tapi siapa yang terpilih nanti samakan tujuan untuk memajukan pemerintahan desa dan pembangunan yang menjadi daerah pemilihannya.” tutupnya. (Red)

Baca Juga  Terkait Anggota Dewan Walk Out, Ketua Fraksi Gerindra Angkat Bicara
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *