Polda Kalteng Musnahkan 8 Ons Lebih Barbuk Sabu dan Ganja

  • Bagikan
Kegiatan pemusnahan barang bukti Narkotika jenis sabu dan ganja, Jumat (15/03/2024) sore, di Mapolda Kalteng.

Palangka Raya – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalimantan Tengah menggelar kegiatan pemusnahan barang bukti (Barbuk) Narkotika jenis sabu dan ganja, Jumat (15/03/2024) sore.

Bertempat di kantor Ditresnarkoba Polda Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km.1 Palangka Raya, barang haram yang dimusnahkan tersebut antara lain Narkotika jenis shabu sebanyak 798,42 gram dan ganja sebanyak 28,49 gram.

Semua Barbuk tersebut hasil pengungkapan Ditresnarkoba Polda Kalteng selama bulan Februari 2024.

Narkotika dimusnahkan dengan cara dilarutkan dalam air panas yang telah dicampur dengan cairan Prostex, kemudian diaduk hingga larut dan dibuang ke Septic Tank.

Pemusnahan barang bukti tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Kalteng Kombes Pol Dodo Hendro Kusuma, S.I.K., M.Si. Dan dihadiri oleh perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Kalteng, BNNP Kalteng, BBPOM Palangka Raya, LSM, Pengawas Internal Polda Kalteng, serta para tersangka.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto melalui Dirresnarkoba mengatakan bahwa kegiatan pemusnahan ini merupakan bagian dari proses penyidikan yang mana dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika mengamanatkan bahwa barang bukti Narkotika yang telah disita oleh Penyidik dan telah ditetapkan oleh Kepala Kejaksaan Negeri setempat untuk dimusnahkan maka dalam tujuh hari harus dimusnahkan oleh penyidik.

“Sejumlah sabu dan ganja ini disita dari para tersangka di empat wilayah kabupaten/kota yang berbeda, yang rencananya oleh para tersangka akan diedarkan di daerah perkebunan dan pertambangan di Kalimantan Tengah,” tambahnya.

(R/HMS )

Baca Juga  Temukan Tas di Depan Rocket Chicken, IRT Ini Diamankan Polisi
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *