Polda Kalsel Gandeng Pemkab Tanbu Gelar FGD

  • Bagikan

BATULICIN, bacakabar.id – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat membuka Kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2022, Senin (14/2/2022) di salah satu Hotel, Batulicin.

FGD itu tentang Strategi Pemerintah Dalam Penanganan Konflik Tenurial Serta Pertambangan Illegal Dalam Kawasan Hutan.

Menurut ketua tim pelaksana oleh PS Kasubbid Kamsus Ditintelkam Polda Kalimantan Selatan Komisaris Polisi I Wayan Suwardiasa, ini adalah tindaklanjut agar dilakukan verifikasi lahan yang dimiliki oleh masyarakat, saat ini berkas tersebut sudah sampai di Provinsi, dan yang dilakukan terkait dengan rujukan dari warga masyarakat.

Diharapkan adanya FGD ini masyarakat akan mendapatkan informasi tentang regulasi oleh pemerintah.

Hak dan kewajiban kawasan hutan, sehingga tidak ada konflik lagi di masyarakatmasyarakat.

Dengan FGD ini masing-masing sudah punya tanggungjawab, contohnya dari Pemda untuk memfasilitasi tentang kawasan-kawasan hutan tersebut dari Camat memberikan edukasi bagi kepala desa dan masyarakat.

Intinya urusan masuk disuatu wilayah perusahaan aman berivestasi namun masyarakat yang ada di sekitar kawasan hutan, kawasan perusahaan merasa ada manfaatnya dengan kehadiran dari pihak perusahaan tersebut.

“Dengan FGD ini juga dimiliki gambaran langkah-langkah apa yang bisa dilakukan dalam rangka mencegah adanya konflik-konflik yang terjadi di masyarakat, dengan suatu harapan investasi masuk ke daerah karena itu akan membantu regulasi keuangan ekonomi masyarakat, namun masyarakat merasa banyak manfaat dengan kehadiran perusahaan tersebut,” ujar Wayan dalam pidatonya.

Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj Mariani, memberikan apresiasi atas dilaksanakannya Forum Group Discussion (FGD) Regulasi Pertambangan Rakyat, serta Strategi Pemrintah yang Efektif dalam Penanganan Konflik Tenurial di Kabupaten Tanah Bumbu 2022 ini.

Baca Juga  Festival Kreatif Kuliner 2024 Berakhir, Ini Para Pemenangnya

Karena ini merupakan forum diskusi dalam menangani dam memberikan solusi yang tepat, serta menguntungkan semua pihak tanpa meninggalkan koridor hukum yang berlaku, untuk menangani konflik.

Tujuan dari kegiatan forum ini ialah untuk menangani banyaknya konflik-konflik tenurial sebelumnya belum tertangani di daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Oleh karena itu, Forum Group Discussion ini diharapkan dapat menjadi solusi tepat dan tanggap dalam menyelesaikan konflik, serta memberikan strategi yang efektif dalam penanganan konflik tenurial yang terjadi di Tanah Bumbu.

Hadir pada FGD tersebut, seluruh Camat se Kabupaten Tanah Bumbu dan perwakilan Kepala Desa. (Rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *