Pemuda Asal Kabupaten Banjar Menipu di Batulicin Dibekuk di Pelaihari

  • Bagikan
Diduga pelaku beserta barang bukti - Foto Humas Polres Tanah Bumbu

Tanah Bumbu – DR (33) warga Desa Sungai Arfat, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), berhasil dibekuk polisi, saat dalam pelarian di Kota Pelaihari. Dia ditangkap lantaran menipu di sebuah toko ponsel dengan modus top up saldo aplikasi uang digital.

Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo melalui Kasi Humas Iptu Jonser Sinaga mengatakan, penangkapan terduga pelaku berawal dari laporan korban.

Menindaklanjuti laporan itu, Unit Reskrim Polsek Batulicin kemudian melakukan penyelidikan bersama Unit Resmob Satreskrim dan Unit Kamneg Sat Intelkam Polres Tanah Bumbu yang dibantu Unit Resmob Sat Reskrim Polres Tanah Laut bergerak cepat mengetahui keberadaan pelaku dan meringkusnya di Jalan Datu Insad Komplek Perkantoran Gagas Pelaihari, Tanah Laut pada Sabtu, (18/11/2023) malam.

Pelaku beraksi dengan cara mendatangi toko Almera Phone dikawasan Batulicin untuk mengisi top up link pada Jumat, (17/11) sekitar pukul 09.50 WITA.

Semula pelaku bertanya tentang tagihan FIF apakah bisa bayar di toko korban, setelah itu tidak jadi dengan alasan ke link korban untuk membayar sendiri.

“Korban mengisikan link pelaku senilai Rp 6,8 juta,” jelas Jonser.

Selanjutnya pelaku ingin membeli Sim Card, yang dikatakan oleh korban, kalau kartu harus di registrasi terlebih dahulu sebelum di gunakan.

Dengan alasan mengambil kartu keluarga (KK) untuk Registrasi, pelaku buru-buru pergi meninggalkan toko korban menggunakan sebuah mobil.

“Pelaku tidak bayar link yang sudah diisikan oleh korban,” ujar Kasi Humas Polres Tanah Bumbu.

Selain mengamankan uang tunai Rp 5,8 juta polisi juga turut mengamankan satu mobil warna abu-abu Nopol DA 1403 BS serta satu buah Handphone Merk Realme C21 berwarna biru.

Baca Juga  Warga Mangkalapi dan PT. BIB Mediasi Terkait Permasalahan Lahan

Atas perbuatannya, pelaku akan dijerat dengan Pasal 378 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang tindak pidana penipuan. (Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *