KPU Kembalikan Berkas 2 Balon Jalur Independen Pilwalkot Banjarmasin, Ini Sebabnya

  • Bagikan
Kantor KPU Kota Banjarmasin (Foto Istimewa).

Banjarmasin – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin mengembalikan berkas dua pasangan Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Jalur Perseorangan di Pilkada 2024.

Dikembalikannya berkas kedua Balon tersebut dibenarkan Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Subhani.

Dijelaskannya, hal itu dikarenakan kedua Balon tidak bisa memenuhi syarat dukungan dengan mengunggah ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU.

“Berkas yang di kembalikan tersebut adalah berkas pasangan Muhammad Luthfi Saifuddin-Habib Fathurahman Bahasyim, dan Pasangan Anang Misran-Habib Aspihani Ideris,” beber Subhani usai pelantikan PPK Banjarmasin, Jum’at, (17/05/2024).

Ia mengungkapkan, syarat dukungan minimal yang harus dipenuhi oleh kedua Paslon minimal berjumlah 41.231, yakni berkas B.1 KWK berupa surat pernyataan dukungan disertai fotokopi KTP dengan tanda tangan. Kemudian juga rekapitulasi dari jumlah total dukungan.

“Bukti fisik mereka setalah dicek lengkap semua bahkan melebihi dari yang telah ditentukan, namun data yang masuk di Silon lah yang tidak memenuhi sesuai data fisik. Yang paling utama itu dilihat dari Silon, jadi harus sesuai dengan data Silon,” ucap Subhani.

Kalau syarat dukungan fisik, kata Subhani dukungan mereka sudah terpenuhi, namun data yang terunggah di Silon tidak mencapai sesuai data fisik mereka.

“Semua tetap harus diunggah dalam Silon. Namun di sayangkan mereka kesulitan memasukannya, hingga di tanggal 15 kemarin, pukul 23.59 WITA, tidak ada yang dapat memenuhi persyaratan tersebut 100 persen,” tuturnya.

Karena syarat utama untuk mengunggah pada Silon tersebut tidak bisa dipenuhi ungkap Subhani, maka berkas kedua paslon pihaknya di kembalikan. Selain itu pengembalian berkas yang tidak lengkap sudah sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah ditetapkan sesuai surat KPU RI Nomor 707/PL.022SD/05/2024.

Baca Juga  Bambang Susantono, Digadang-gadang Bakal Pimpin Ibu Kota Nusantara

“Karena kami tidak bisa melakukan verifikasi administrasi tahapan lanjutan, sebab sudah dikembalikan dan tidak memenuhi. Dan tidak ada lagi kesempatan, karena kemarin sudah waktu terakhirnya,” pungkas Subhani.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *