BPBD Tanah Bumbu Selain Fokus Bencana Juga lakukan “Pusdalops”

  • Bagikan

Bacakabar.id – BATULICIN, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu terus berperan aktif dalam upaya mitigasi atau pencegahan terhadap bencana di daerah Bumi Bersujud.

Sejumlah kegiatan yang kerap dilakukan BPBD dalam hal ini seperti dengan melakukan sosialisasi serta memberikan pelatihan pencegahan bencana kepada masyarakat melalui Desa dan Kecamatan.

Kepala pelaksana BPBD Tanah Bumbu Eryanto Rais, kepada media ini Rabu, (23/3/2022) menyampaikan bahwa selain fokus terhadap penanganan bencana, BPBD juga melakukan kegiatan pemberitaan melalui Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops).

“Kami punya gedungnya, jadi disitu kami sampaikan terkait pemberitaan terkait bencana dengan berkoordinasi dengan Dinas Kominfo,” jelas Eryanto.

Kadis juga menjelaskan, tujuh jenis potensi bencana yang terjadi di Tanah Bumbu, didominasi oleh bencana banjir, kebakaran hutan dan lahan, angin puting beliung serta terjadinya longsor.

Sebagai bentuk pencegahan, saat ini unsur BPBD juga tengah turun ke lapangan untuk melakukaan pemetaan terhadap daerah-daerah yang dianggap rawan bencana banjir.

“Bahkan BMKG sampai saat ini tidak bisa memprediksi alam kita ini khususnya Kotabaru dan Tanah Bumbu, jadi iklim kita tidak bisa ditentukan dibanding dengan Kabupaten atau Kota lain di Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (Red)

Baca Juga  Bagikan Bunga, KPA Tanah Bumbu Bersama IBI Peringati Hari Aids Sedunia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau Copas Ya... 🤦‍♀️