BPBD Tanah Bumbu Gelar Simulasi Penyelamatan Korban Tenggelam, Diikuti MRI ACT

  • Bagikan

TANAH BUMBU – Puluhan relawan dari MRI-ACT terlibat dalam simulasi penanggulangan bencana yang di gelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan ini berlangsung Kamis, (9/12/2021) di Pantai Pagatan kusan Hilir, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanah Bumbu Eriyanto Rais, ketika dihubungi media ini menyampaikan peranan relawan sangat membantu kinerja BPBD Tanbu.

“Untuk kegiatan simulasi hari ini pengenalan kepada relawan MRI ACT bagaimana penyelamatan terhadap korban tenggelam. Adanya relawan ini sangat positif sekali, karena BPBD terbantukan kinerjanya. oleh relawan-relawan yang ada di Tanah Bumbu.” Ujar Eriyanto.

 

Dengan adanya simulasi semacam ini, sambungnya, skill dan mental para relawan akan lebih terlatih dan terasah. Sinergitas antara BPBD dan para relawan harus terus terjalin untuk menangani bencana.

Sementara itu, H. Maruan salah seorang relawan MRI ACT Tanbu asal Satui yang mengikuti simulasi mengaku cukup tegang pada saat gelaran aksi penyelamatan ini.

Menurutnya seolah-olah seperti nyata. Banyak sekali hal hal yang tidak dia ketahui nya dalam Rescue. Sehingga kegiatan ini bagi relawan MRI ACT sangat bermanfaat dalam penanganan pertama korban bencana.

“Pada saat di perahu, kami juga banyak bertanya dengan tim Basarnas dan BPPD,” ucap Maruan.

Dia juga berharap kegiatan simulasi ini diadakan di Satui, mengingat Satui sangat rawan bencana. Dengan melibatkan semua pihak. Khusus nya relawan yang terjun langsung kelapangan.

“Sehingga relawan punya bekal untuk menolong orang lain, bukan sebaliknya di tolong.” Tukas Maruan yang sudah sering mengikuti Zoom Sekolah Relawan Yang dilaksanakan oleh MRI ACT Pusat. (barlis)

Baca Juga  Abah Zairullah Minta TPD Berkontribusi Dalam Program Satu Desa Satu Masjid
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *