JAKARTA – Dalam rangka mendukung pemberdayaan ekonomi lokal sekaligus memperluas akses pasar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Pertamina menghadirkan fitur Belanja UMKM di website resmi perusahaan yang dapat diakses melalui laman smexpo.pertamina.com.
Platform yang telah hadir sejak 2020 ini terus dikembangkan dan kini tampil dengan wajah baru yang lebih menarik serta mudah diakses masyarakat.
Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menegaskan bahwa fitur ini merupakan inovasi Pertamina dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mencari informasi sekaligus berbelanja produk UMKM binaan yang terjamin kualitasnya.
“Dengan hadirnya layanan belanja UMKM di website korporasi, Pertamina bersama masyarakat turut berperan sebagai penggerak ekonomi lokal. Kami ingin UMKM binaan Pertamina mampu bersaing dan menjangkau konsumen di mana saja secara daring,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (20/9/2025).
Fitur Belanja UMKM menyajikan beragam produk dari seluruh Indonesia dengan kategori Souvenirs, Fashion, Food & Beverages, Agrobisnis, Craft, hingga Furniture. Semua produk tersebut dikurasi agar memenuhi standar mutu, keaslian, serta kepercayaan pelanggan.
“Produk-produk UMKM yang ditampilkan dipilih dari berbagai daerah di Indonesia, menonjolkan kerajinan tangan lokal, pangan khas, hingga produk budaya yang tetap mempertahankan ciri khas daerah asalnya,” jelas Fadjar.
Selain katalog produk, fitur ini juga dilengkapi layanan Si Mina, karakter ikon Pertamina yang hadir sebagai asisten virtual melalui chat WhatsApp untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi.
“Pertamina terus memberdayakan UMKM agar dapat memperluas pasar secara nasional tanpa batasan geografis. Melalui website Pertamina, selain menyediakan informasi seputar perusahaan, kami juga mengedukasi masyarakat mengenai keunggulan produk-produk UMKM dari seluruh Indonesia,” tambahnya.
Dengan inovasi ini, Pertamina tidak hanya menghadirkan energi untuk negeri, tetapi juga energi bagi ekonomi kerakyatan melalui penguatan UMKM sebagai tulang punggung ekonomi nasional, sejalan dengan Asta Cita Pemerintah.
Sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, Pertamina juga berkomitmen mendukung target net zero emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Upaya tersebut dijalankan konsisten melalui penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.