Keren, SMKS Muhammadiyah Satui Gunakan Absensi Online

  • Bagikan

Bacakabar.idTanah Bumbu. Dengan memanfaatkan IT (Information and Technology) melalui pengadaan ICT (Information Communication Technology) untuk menunjang segala aspek di SMKS Muhammadiyah Satui yang beralamat di Jalan K.H Ahmad Dahlan No.007, Desa Makmur Mulia, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalsel. Semakin kian terbukti.

Salah satu bentuk implementasi terbaru dari pemanfaatan ICT ini adalah dengan diberlakukannya Absensi Online di Sekolah Menengah Kejuruan tersebut.

“Absensi Online tersebut mampu mencatat kehadiran para tenaga pendidik atau Guru serta Staf di sekolah diawal masa uji coba dengan (beta) sudah mulai berjalan pada pertengahan bulan Maret 2022 ini, dan akan diterapkan menjadi Full Version pada awal semester tahun ajaran 2022-2023 mendatang.” Ujar Haidar Audah selaku tim Information technology (IT) atau desain grafis pada SMKS Muhammadiyah Satui

Dia menjelaskan, absensi online ini merupakan sistem absensi digital yang bisa dipergunakan oleh setiap tenaga pendidik dan staf sekolah yang dapat dipantau atau dimonitor secara realtime berapa jumlah prosentase kehadiran baik harian maupun mingguan.

“Aplikasi absensi online ini, berbasis Android dan Iphone Operating System (IOS). Data yang akan diakses bisa lebih cepat dan tidak memakan waktu lama,” ungkapnya kepada media ini Jumat malam (1/4/2022) di salah satu Cafe kawasan Simpang Empat.

Jadi lanjutnya, hasil rekapnya langsung masuk atau terimpor data ke Excel. Sehingga sistem absensi lama yang memakai fingerprint, dinilai kurang efektif bagi SMKS Muhammadiyah Satui, sehingga kami meluncurkan absensi online.

“Dengan demikian, adanya absensi online ini. Kehadiran Guru-guru akan mudah terkontrol,” imbuhnya.

Haidar menyebut jika dulu masih memakai fingerprint yang pertama-tama kendala yang sering dihadapi adalah soal perawatan atau maintenance.

Baca Juga  Olahan Ikan Kalengan Pemkab Tanbu Siap Edar

“Mesin atau alat fingerprint itu membutuhkan perawatan rutin supaya selalu berjalan maksimal.Sebab jika kondisi alat fingerprint sudah menua dan rusak maka tiba-tiba hal itu bisa menghambat, terus mengembangkan dan Ä·epribadian atau absensi tersebut. Pungkasnya (barlis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *